Tips Irit BBM

Tips Irit BBM

Otonation.com – Untuk Kamu yang memiliki atau sering menggunakan kendaraan untuk menunjang mobilitas kegiatan Kamu sehari-hari, berikut ini kami sampaikan beberapa Tips agar penggunaan bahan bakar Kamu tidak boros alias irit BBM.

3 Hal yang perlu diperhatikan agar mobil Kamu irit BBM.

1. Perawatan

Lakukan perawatan berkala sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. Mobil itu seperti “mahluk hidup” yang memerlukan perawatan dari penggunanya. Hanya saja mobil tidak dapat melakukannya sendiri.

Lakukan perawatan mesin secara berkala, mesin yang “sehat” terawat tentunya akan membuat kinerja ruang bakar mesin semakin baik dan sempurna, sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia ketika mobil meluncur dijalanan.

 

2. Perhatikan Tekanan Angin Ban & Beban Yang Dibawa Kendaraan

Pastikan tekanan angin ban mobil tidak kurang dari yang direkomendasikan, dan beban yang dibawa tidak berlebihan. Karena tekanan angin ban yang kurang dan beban yang berat akan menghambat laju mobil ketika berjalan.

Analoginya seperti ini, ketika kita mendorong kendaraan dengan ban yang kempes atau beban mobil yang berat akibat banyak penumpang atau barang didalam mobil, kita pasti memerlukan tenaga yang lebih besar dari biasanya.

Begitu juga dengan mesin, ketika ban dalam keadaan kempes atau muatan mobil yang berat, maka tenaga yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan kendaraan semakin besar, alias semakin banyak bahan bakar yang “harus dibakar” didalam mesin.

 

3. Kebiasaan & Cara Mengemudi

Ini salah satu faktor yang paling penting dalam hal penggunaan BBM. Karena mencakup hampir semua faktor, Jadi agak “sedikit” panjang ceritanya.

Selain harus memahami karakteristik kendaraan yang dikemudikannya, pengemudi harus memiliki kebiasaan dan  cara mengemudi yang “irit BBM” oriented. Maksudnya harus memiliki kebiasaan yang baik dalam menggunakan kendaraannya.

Seperti memanaskan mobil sebelum digunakan, jangan terlalu lama memanaskan mobil dan jangan menginjak pedal gas dalam-dalam ketika memanaskan mobil.

Menyesuaikan putaran mesin (RPM)

Sesuaikan di kecepatan yang ideal dengan memperhatikan kondisi jalan, pengemudi harus dapat menyesuaikan putaran mesin dan gigi (gear) yang digunakan ketika mobil dijalankan dengan tetap memperhatikan kondisi jalan yang dilaluinya (macet, lancar, menanjak atau menurun)

Melaju dengan putaran mesin yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang dilakukan secara konstan tentu akan membuat BBM terbakar lebih banyak, idealnya putaran mesin adalah di 2500-3000 RPM, di posisi gigi (gear) yang sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Kemudian hindari cara mengemudi Stop and Go, maksudnya jangan terlalu sering menginjak pedal gas dan pedal rem, terlalu sering menginjak kedua pedal itu sama saja dengan semakin banyak bahan bakar yang digunakan, ini biasanya terjadi ketika kita terjebak macet.

Jika tidak dapat dihindari, ingat untuk menyesuaikan putaran mesin (RPM) dengan penggunaan gigi (gear) yang tepat. Misalnya dengan tetap menggunakan gigi 1 jika mobil hanya bergerak sedikit-sedikit.

Tapi jika kita terjebak macet total atau berhenti dengan waktu yang cukup lama alias tidak bergerak sama sekali. Sebaiknya matikan mesin dan jangan lupa untuk membuka jendela sedikit agar sirkulasi udara tetap lancar.

Perhatikan penggunaan Air Conditioner (AC). Gunakan AC dengan efisien, penggunaan Air Conditioner (AC) juga mempengaruhi kinerja putaran mesin, yang berdampak pula pada konsumsi bahan bakar.

Gunakanlah AC secara wajar dan seperlunya agar tidak membebani putaran mesin yang akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Tips Irit BBM

 

Itulah Tips-tips yang mungkin dapat di gunakan untuk menghemat BBM kendaraan kesayangan yang tentunya juga akan menghemat pengeluaran Kamu. Semoga bermanfaat.

Jika Kamu punya informasi lainnya yang dapat menambah wawasan seputar dunia otomotif dan ingin membagikannya, kami akan dengan senang hati menampilkannya di situs kami.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

WhatsApp : 081223315159
Email : cs@otonation.com